Sabtu, 21 Januari 2012

Manfaat Buah Bilberry dan Lutein Bagi Kesehatan Mata

Seiring bertambahnya usia, fungsi penglihatan akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan akibat kurangnya antioksidan pelindung makula (bagian penting dari mata) yang dapat menyebabkan penurunan fungsi penglihatan atau lebih dikenal dengan AMD (Age Macular Degenartion) bahkan kebutaan. Selain akibat dari kurangnya antioksidan dalam tubuh, juga akibat Pola Makan yang kurang seimbang disertai faktor lingkungan seperti radiasi UV dan sinar biru yang dapat menyebabkan masalah pada mata seperti rabun dan katarak.

Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi cukup buah Bilberry dan Lutein. Apa itu Bilberry dan Lutein????
Buah Bilberry

Buah bilberry telah digunakan sejak abad ke-16 di Eropa sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata karena mengandung zat aktif yang disebut antosianosida atau lebih dikenal dengan antioksidan.

Zat ini mampu membangun kapiler kuat yang terdapat di sebagian besar pembuluh darah di mata sehingga meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke dalam kapiler. Peningkatan aliran darah ke mata dapat mencegah hipertensi okular yang dapat mengurangi resiko glaukoma. 
Saat usia bertambah, sel-sel mata akan mulai mengalami kerusakan. Bilberry membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula akibat kerusakan retina yang dialami orang berusia lebih dari 50 tahun. 
Bilberry juga terbukti dapat mencegah katarak, penglihatan buram dan rabun senja karena adanya kandungan flavanoids yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata dan melindungi penglihatan serta daerah sensitif di sekitar retina.
Bilberry dapat dimakan langsung atau dibuat selai dan jus. Ada pula ekstrak bilberry dalam bentuk suplemen kapsul yang dijual di pasaran untuk memudahkan Anda memperoleh khasiatnya bagi kesehatan mata. (sumber artikel: optikmelawai.com)


Lutein

Lutein merupakan suatu zat aktif yang mampu dan mendukung untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut adalah 3 manfaat lutein untuk kesehatan mata dan fungsi penglihatan:

1. Lutein Melindungi Fungsi Penglihatan 

Makanan atau multivitamin yang mengandung lutein akan memberikan tubuh karotenoid alami. Karotenoid merupakan bahan aktif  seperti yang ditemukan dalam wortel yang dapat bertindak sebagai perisai mata untuk melindungi kerusakan. Lutein membantu melindungi kerusakan retina seiring bertambahnya usia untuk menjaga fungsi penglihatan berada dalam tingkat optimal.

2. Mencegah Katarak

Katarak adalah kondisi yang dialami terutama oleh orang yang telah berusia lanjut. Katarak menyebabkan penglihatan menjadi kabur karena terjadinya pembentukan lapisan keruh pada mata. Lutein dalam dosis mencukupi dapat mencegah kondisi ini terjadi. Setelah satu atau dua minggu mengkonsumsi suplemen lutein, perbaikan pada fungsi penglihatan biasanya sudah mulai terasa.

3. Memperkuat Retina

Fungsi retina akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia atau ketika kekuarangan nutrisi. Pastikan untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung. Selain itu, makanan atau suplemen multivitamin yang mengandung lutein akan melindungi retina sehingga dapat mempertahankan kesehatan mata.


Dari Penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa baik buah Bilberry maupun Lutein memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap prima. Jadi seimbangkan pola makan Anda dengan menambah buah Bilberry dan Lutein dalam komposisi tambahan dalam porsi makanan Anda.

Sekarang timbul beberapa permasalahan, seperti:  
  1. Tidak semua wilayah tersedia buah bilberry yang cukup, kalaupun ada stoknya terbatas, tentu sangat mempengaruhi harga.
  2. Kita tidak tahu bahwa buah bilberry yang ada dipasaran merupakan buah pilihan yang terbebas dari pestisida ataupun zat kimia lainnya saat proses penanaman hingga panen.
  3. Kalau pun banyak beredar suplemen ekstrak buah Bilberry dan Lutein dipasaran, namun apakah pihak produsennya telah mengantongi beberapa sertifikast legal baik itu mengenai kehalalan produk maupun produksinya, sertifikat pertanian organik, dan sertifikat APLI.
Mungkin beberapa permasalahan pada poin 1 dan 2 perlu dipertimbangkan oleh kita selaku konsumen yang tentunya selalu mengutamakan yang terbaik baik tubuh kita. Untuk Anda yang memilih alternatif suplemen makanan tambahan dari ektrak buah Bilberry dan Lutein, mungkin Anda harus memperhatikan hal dibawah ini.


3 (tiga) Ciri Utama untuk mengetahui bahwa Produk dari Suplemen itu baik dan aman dikonsumsi yaitu :
  1. Tanaman Organik. Bahan baku yang di gunakan untuk memproduksi suplemen makanan itu terbuat dari 100% bahan organik, artinya bahan dasar dari Suplemen tersebut berasal konsentrat tumbuh-tumbuhan alami yang ditanam dengan sistem Pertanian Organik, mulai dari pupuk menggunakan pupuk organik dan penghalau hamanya menggunakan binatang, tanpa menggunakan pestisida sedikit pun, dan bukan perpaduan dari bahan organik dan kimia. Hal itu ditunjukkan dengan adanya Sertifikat yang menyatakan bahwa Suplemen tersebut benar-benar diproses secara alami diladang organik, seperti Sertifikat Internasional dari CCOF dengan IFOAM sebagai program akreditasnya (IFOAM Accredited Program) atau EOVPCP (European Organic Verification Program Certified Processor).

  2.  Bersertifikat Halal.  Sebagai seorang Muslim tentunya tingkat kehalalan adalah yang paling utama. Jika Suplemen itu beredar di NKRI tentunya harus memiliki Sertifikat Halal dari MUI baik untuk produk maupun proses produksinya. Jika Suplemen tersebut berasal dari Luar atau Eropa maka sudah selayaknya Produk tersebut telah mengantongi Sertifikat Halal dari IFANCA. Jika Suplemen yang ditawarkan dari suatu Bisnis Jaringan maka suplemen tersebut tentunya sudah terdaftar di APLI.

  3. Kepuasan 100%.  Pihat Perusahaan yang mengeluarkan suplemen tersebut mampu memberikan KEPUASAN PELANGGAN 100% artinya bila Anda merasa tidak puas akan produk-produk dari suplemen makanan tersebut, maka pihak perusahaan akan memberikan suatu penawaran berupa Penggantian barang tanpa biaya apa pun atau Pergantian Uang senilai harga beli. Singkatnya "Anda tidak Puas, uang 100% kembali".

Saat ini memang tidak mudah memperoleh suatu Produk Suplemen dengan memiliki 3 ciri utama yang tertulis seperti diatas. Namun jika Anda sedang mencari Suplemen yang mengandung ektraks Buah Bilberry dan Lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan pendamping terapi yang memenuhi 3 ciri utama diatas.

Anda bisa menghubungi  : 

=.= Jika Sobat Super merasa artikel ini bermanfaat =.= 
=.= Silahkan share artikel ini dimana saja =.=
=.= Jika berkenan mohon cantumkan link sumbernya =.= 


Tidak ada komentar:

The Power Of Partnership